14 Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Anggur, Manfaat jus anggur untuk kesehatan

Manfaat anggur untuk kesehatan cukup populer di seluruh dunia. Anggru biasanya dimakan mentah, juga dapat dimasak atau dihaluskan untuk menghasilkan berbagai produk makanan, termasuk selai, jeli, anggur, kismis, cuka, minyak, dan molase. Sejak 6.000 tahun yang lalu anggur sudah dibudaidayakan di Eropa.

Ada lebih dari 50 jenis buah anggur yang dikonsumsi dan hampir 60 varietas anggur yang dibudidayakan terutama untuk produksi minuman anggur. Setiap jenis anggur sedikit berbeda dalam hal jenis nutrisi. Anggur terdiri dari antara 70 – 80 persen air dan 20-30 persen gula, seperti glukosa dan fruktosa. Namun, ada sejumlah nutrisi tambahan dalam anggur seperti asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin, kalsium, dan asam folat. Nutrisi dan enzim yang terkandung dalam buah anggur menunjukkan bahwa anggur adalah sumber yang kaya untuk berbagai unsur yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini adalah manfaat anggur untuk kesehatan

  1. Asma: Kemampuan terapi anggur dapat digunakan untuk penyembuhan asma. Selain itu, kekuatan assimilatory anggur juga lebih tinggi. Hal ini meningkatkan kelembaban dalam paru-paru.
  2. Penyakit jantung: Anggur meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung. Antioksidan dalam anggur mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang menghambat pembuluh darah.
  3. Migrain: Manfaat jus anggur yaitu obat rumah yang ampuh untuk menyembuhkan migrain. Minumlah jus anggur di waktu pagi hari tanpa campuran.
  4. Sembelit: Anggur sangat efektif dalam mengatasi sembelit. Anggur merupakan makanan pencuci perut yang baik karena mengandung asam organik, gula dan selulosa. Meringankan sembelit kronis dengan mengencangkan sampai usus dan perut.
  5. Gangguan pencernaan: Anggur memainkan peran penting dalam dispepsia. Meredakan panas dan menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.
  6. Kelelahan: jus anggur putih mengisi ulang zat besi dalam tubuh dan mencegah kelelahan. Minum jus anggur juga memberi energi instan. Anti-oksidan hadir dalam anggur juga memberikan dorongan yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh.
  7. Gangguan Ginjal: Anggur secara substansial dapat mengurangi keasaman asam urat dan membantu dalam penghapusan asam dari sistem, sehingga mengurangi tekanan kerja ginjal.
  8. Kanker payudara: Jus anggur berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara. Dalam sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan yang signifikan dalam massa tumor mammae tikus diberi makan jus anggur.
  9. Penyakit Alzheimer: Resveratrol, polifenol dalam anggur bermanfaat mengurangi tingkat amyloidal-beta peptides pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Studi menunjukkan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menunda timbulnya penyakit neurodegenerative.
  10. Degenerasi makula: Anggur dapat mencegah hilangnya penglihatan terkait usia atau degenerasi makula. Tiga porsi buah anggur sehari dapat mengurangi risiko degenerasi makula lebih dari 36%.
  11. Mencegah katarak: Flavonoid dalam anggur memiliki antioksidan yang dapat mengurangi dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak terpisah dari penyakit jantung, kanker, dan masalah terkait usia.
  12. Kolesterol darah: Anggur mengandung senyawa yang disebut pterostilbene, yang memiliki kapasitas untuk menurunkan tingkat kolesterol. Saponin yang terdapat pada kulit anggur juga dapat mencegah penyerapan kolesterol.
  13. Aktivitas antibakteri: anggur merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat dan dapat melindungi Anda dari infeksi. Anggur memiliki properti antivirus yang kuat terhadap virus polio dan virus herpes simpleks.
  14. Sifat antikanker: Anggur memiliki sifat anti kanker yang kuat karena efek anti-inflamasi dengan adanya resveratrol dalam anggur. Hal ini sangat efektif pada kanker kolorektal dan kanker payudara. Anthocyanin dan proanthocyanidins dalam buah anggur memiliki sifat anti-berkembang biak dan dapat menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker. Jus anggur tidak hanya mencegah risiko kanker, tetapi juga menekan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Pigmen yang terkandung dalam buah anggur meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan dari tubuh.

Sumber: http://www.bolaria.net/2013/01/14-manfaat-anggur-untuk-kesehatan.html

Please.. I Need Your Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s