5 Hal yang Sering Di abaikan dalam surat lamaran kerja

5 Hal yang sering diabaikan dalam surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja yang efektif adalah langkah dasar jika ingin diterima di sebuah perusahaan impian. Tetapi kebanyakan orang sering mengabaikan lima hal seperti yang dilansir dari US News berikut ini.

Profil singkat
Sebuah profil singkat atau ringkasan sebenarnya bisa diletakkan sebelum isi surat lamaran kerja. Di situ, Anda sebaiknya menyebutkan kekuatan dan pengalaman dalam beberapa kalimat atau poin yang jelas. Profil singkat yang baik akan memberikan gambaran dasar tentang bagaimana Anda dan perusahaan juga akan tertarik melihat lebih jauh tentang kelebihan yang Anda miliki.

Daftar keberhasilan
Kebanyakan orang hanya menulis pekerjaan sebelumnya dalam surat lamaran kerja mereka. Padahal ada hal yang lebih penting, yaitu menyebutkan daftar keberhasilan dan pencapaian Anda saat itu. Jadi selain menulis ‘telah menjabat sebagai manajer selama sekian tahun,’ tambahkan pula ‘berhasil meningkatkan keuntungan perusahaan sebesar 15 persen’ dalam surat lamaran.

Pekerjaan sebagai relawan
Orang yang melamar kerja jarang mau menyebutkan jenis pekerjaan sebagai relawan dalam surat lamaran kerja mereka. Sebab pekerjaan sukarela tanpa gaji dianggap tidak akan memberikan poin khusus saat melamar kerja. Padahal, perusahaan ingin tahu segala bentuk pengalaman yang sudah pernah dilakukan oleh calon pegawai. Tidak peduli apakah pekerjaan itu sebelumnya dilakukan secara sukarela atau tidak.

Hobi yang mendukung
Memang tidak semua hobi bisa ditulis dalam surat lamaran kerja. Tetapi jika hobi tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar, tidak ada salahnya untuk mencantumkan keterangan yang jelas soal itu. Terutama jika Anda pernah menyelesaikan sebuah proyek yang meningkatkan pengalaman di bidang tertentu.

Bentuk paragraf
Jika ingin perusahaan cepat memahami dan terkesan dengan surat lamaran Anda, hindari penggunaan kalimat dalam bentuk paragraf. Sebaiknya sebutkan dalam poin karena paragraf panjang cenderung membuat pembaca menjadi malas untuk menyelesaikannya hingga akhir.

Demikian kelima hal yang yang sering diabaikan dalam surat lamaran kerja. Jangan sampai Anda melakukannya ya!

Please.. I Need Your Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s