Makanan dan Minuman yang menyebabkan gigi menguning

Gigi menguning

Setiap orang tentu ingin memiliki tampilan gigi yang bersih, putih, dan sehat sehingga enak ketika dipandang orang lain. Gigi yang putih, bersih, dan terawat dengan baik bukan hanya bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri ketika berhadapan dengan lawan bicara namun juga mengindikasikan gigi yang sehat dan tidak bermasalah.

Lantas, bagaimana dengan orang yang sudah memiliki kondisi gigi berwarna kuning? Gigi kuning sejatinya diakibatkan oleh kebiasaan makanan dan minuman yang berpotensi membuat perubahan terhadap warna gigi.

Dari sekian banyaknya makanan yang dapat menjadikan gigi kuning, salah satunya ialah makanan dan minuman yang mengandung zat warna mencolok yang akan meninggalkan noda pada gigi.

Semakin kuat dan mencolok warna pada makanan tersebut maka potensinya untuk mengubah warna gigi semakin besar. Patut diketahui bahwa warna yang terdapat dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens yang merupakan molekul berpigmen yang bisa menempel pada gigi.

Selain chromogens, hal lainnya yang menyebabkan kuningnya warna gigi ialah kandungan zat asam dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Nah, bagi siapapun yang ingin mendapatkan tampilan gigi tetap putih, bersih dan sehat, di bawah ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari.

Air Teh

Berhati-hatilah Anda yang gemar meminum teh baik di pagi maupun di sore hari. Teh hitam yang biasanya dikonsumsi ternyata beperan cukup besar dalam memunculkan noda pada gigi karena memiliki kandungan tanin.

Teh lebih mudah meninggalkan noda dibandingkan dengan kopi. Teh memiliki beberapa jenis, seperti teh hitam, teh hijau, dan juga teh putih. Dari semuanya yang paling rendah resikonya dalam memunculkan noda gigi ialah teh putih. Makanya Anda yang tetap ingin meminum teh bisa mencoba alternatif dengan lebih banyak meminum teh putih.

Anggur Merah

Bagi Anda yang gemar meminum anggur mulai saat ini disarankan mulai menimbang ketika hendak meminum dalam jumlah banyak. Anggur merah atau wine ialah minuman yang kaya chromogens dan juga tanin yang memunculkan noda pada gigi.

Minumen Berenergi dan Minuman Bersoda

Dalam sebuah studi penting terkait kesehatan gigi, ditemukan bahwa minuman berenergi atau soft drink yang dikenal sebagai minuman yang kaya kandungan asamnya dapat melembutkan lapisan email gigi. Kondisi demikian dapat memudahkan menempelnya noda di gigi.

Minuman bersoda juga memiliki kandungan asam dan chromogens yang cukup tinggi sehingga bisa meninggalkan noda di gigi. Makanya, sebaiknya penggunaan minuman berenergi tersebut hanya dilakukan seperlunya saja dan tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

Saus dan Permen

Noda pada gigi juga bisa muncul apabila banyak mengonsumsi saus tomat, saus kedelai, maupun saus berwarna pekat. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sering mengonsumsi saus mulai saat ini sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari.

Berbagai jenis permen seperti permen karet, lolipop, dan lainnya juga bisa menjadi penyebab timbulnya gigi bernoda. Permen lambat-laun akan mengubah keadaan warna gigi Anda kalau dikonsumsi secara terus-menerus.

Makanya, kalau Anda ingin gigi tetap sehat dan berwarna putih bersih alangkah baiknya kalau mulai saat ini tidak lagi mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang telah dijelaskan di atas sebagai penyebab timbulnya gigi bernoda. Mencegah lebih baik daripada mengobati!

Informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/berikut-merupakan-makanan-dan-minuman-yang-menyebabkan-gigi-menguning.html#ixzz2KsGJaBp7

Sumber: http://www.deherba.com/berikut-merupakan-makanan-dan-minuman-yang-menyebabkan-gigi-menguning.html

 

Please.. I Need Your Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s