Jurus ampuh Untuk Pencegahan Flu

Flu

Penyakit flu merupakan masalah kesehatan yang sudah lazim di kalangan masyarakat. Banyak orang yang pernah merasakan sakit flu sehingga ada klaim bahwa flu ibarat sebuah siklus penyakit yang akan menyerang siapa saja dan akan sembuh dengan sendirinya.

Padahal kita bisa meminimalisir sakit flu bahkan bisa mencegahnya. Sebaiknya penyakit apapun, termasuk juga flu, jangan dianggap enteng. Mungkin bagi usia muda penyakit flu sering dianggap wajar, namun bagi kalangan berusia lanjut penyakit ini harus tetap diwaspadai.

Penyakit flu pada usia lanjut biasanya akan lebih berat dibandingkan flu pada usia produktif atau muda karena mereka yang sudah tergolong lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang kian menurun.

Lantas, bagaimana supaya kita tidak terserang flu terlebih kalau saat ini di daerah Anda sedang musim penghujan dimana biasanya flu merajalela. Berikut merupakan beberapa langkah untuk menghindarkan tubuh dari serangan flu.

Menjauhi Paparan Dingin
Di Barat, flu sering disebut dengan catch cold atau terpapar dingin. Hal tersebut masuk akal juga karena memang biasanya orang yang kerap terkena udara dingin misalnya ruangan berpendingin (AC), minuman dingin, angin malam, air mandi yang dingin, dan lainnya sangat rentan terhadap serangan virus apa saja karena sistem imun tubuhnya terus tergerus oleh paparan dingin tadi.

Saat daya tahan tubuh menurun drastis karena paparan serba dingin itulah virus-virus akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari paparan serba dingin tadi.

Mengonsumsi Vaksin Flu
Vaksin flu sangat diperlukan Khususnya bagi kalangan lansia dimana sistem imun tubuhnya sudah semakin menurun. Meski memang tak semua jenis virus penyebab influenza bisa disembuhkan dengan vaksin tersebut, namun salah satu langkah pencegahan dengan menggunakan vaksin layak Anda lakukan.

Memperkuat Ketahanan Tubuh
Virus apapun akan mental kalau sistem pertahanan tubuh yang Anda bangun sangat kokoh dan tak mudah ditembus. Nah, Anda bisa membangun sistem pertahanan tersebut dengan banyak beristirahat dan memakan makanan bergizi tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa menghangatkan tubuh seperti dengan mandi air hangat, membalur tubuh dengan obat gosok atau banyak minum air hangat. Anda bisa mengonsumsi minuman-minuman yang menghangatkan tubuh seperti wedang jahe, bajigur, sekoteng, dan lainnya untuk melawan paparan dingin.

Mengurangi Rokok dan Alkohol
Mungkin Anda juga sudah tahu bahwa rokok dan alkohol merupakan zat yang sangat signifikan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Menurut teori kesehatan, merokok itu bisa melukai selaput lendir saluran pernapasan sehingga menyebabkan rentannya saluran nafas dimasuki oleh virus, termasuk virus flu.

Rajin Membersihkan Tangan dengan Sabun
Tangan sangat rentan menjadi katalisator pemindahan virus ke dalam tubuh. Untuk menyelesaikan berbagai aktifitas sehari-hari, tentunya kita menggunakan tangan seperti untuk memegang gagang pintu, membawa sampah, ataupun memegang uang yang entah sudah berapa kali berpindah tangan.

Dari situlah biasanya virus akan menempel di tangan dan kemudian masuk ke dalam tubuh ketika tangan digunakan untuk memegang lubang hidung, memegang mulut, dan lainnya. Makanya, tangan Anda harus sering dicuci untuk meminimalisir masuknya kuman yang menempel di tangan ke dalam tubuh.

Penyakit flu memang terbilang penyakit sederhana, namun bukan berarti untuk disepelekan dan dianggap remeh. Terserangnya tubuh Anda oleh penyakit yang satu ini mengindikasikan bahwa sistem pertahanan tubuh Anda bermasalah yang kalau tak segera diatasi bukan mustahil menjadi pintu masuk bagi penyakit-penyakit lainnya untuk menyerang tubuh. Ikutilah beberapa saran di atas untuk mencegah sakit flu menyerang Anda.

 

Informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/jurus-ampuh-untuk-pencegahan-flu.html#ixzz2KsIsW4fY

Sumber: http://www.deherba.com/jurus-ampuh-untuk-pencegahan-flu.html

 

Please.. I Need Your Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s